Minggu, 31 Oktober 2010

Jenis-Jenis Soto

Salah satu cara untuk mengetahui jenis-jenis soto adalah berdasarkan tempat asalnya. Banyak tempat atau daerah-daerah memiliki jenis soto nya masing-masing :

* Soto Betawi, terbuat dari daging sapi atau jeroan sapi, dimasak dalam susu sapi putih atau kaldu santan, dengan kentang goreng dan tomat.* Soto Bandung, soto daging sapi yang dicampur dengan potongan lobak.
* Soto Medan, ayam / babi / sapi / soto jeroan ditambah dengan santan dan disajikan dengan kentang perkedel. Potongan-potongan daging digoreng sebelum disajikan atau dicampur.
* Soto Padang, kaldu sapi soto dengan irisan daging sapi goreng, bihun (bihun beras), dan Kentang Perkedel (kentang tumbuk goreng).
* Soto Banjar, dibumbui dengan serai dan sambal panas asam, disertai dengan kue kentang.
* Soto Makassar atau coto Makassar, soto daging sapi dan jeroan direbus dalam air yang digunakan untuk mencuci beras, dengan kacang goreng.
* Soto Madura atau soto Sulung soto Ambengan /, dibuat dengan baik daging sapi, ayam atau jeroan, dalam kaldu transparan kekuningan.
* Soto Semarang, soto ayam yang dibumbui dengan kemiri dan sering dimakan dengan sate kerang (kerang pada tongkat)
* Soto Kudus, dibuat dengan daging kerbau karena tabu lokal konsumsi daging sapi.*Soto Lamongan,  makanan jalanan yang populer di berbagai daerah metropolitan Indonesia, sebuah variasi dari soto Madura.
* Soto Pekalongan atau tauto Pekalongan, dibumbui dengan tauco.
* Banyumas soto atau sroto Banyumas atau sroto Sokaraja, dibuat khusus oleh sambal kacang tanah, biasanya dimakan dengan ketupat.
* Kediri soto, soto ayam yang diberi santan.
* Ambon soto terbuat dari ayam dan kaldu, rasa dan diwarnai dengan kunyit, jahe, lengkuas, bawang putih, serai, dan banyak rempah-rempah. Disajikan dengan nasi, taburan taoge, suwiran ayam, soun, daun seledri cincang, bawang merah goreng keemasan, kentang goreng, kecap manis, saus panas, dan kroket kentang kecil. 


See also : burger king

Tidak ada komentar:

Posting Komentar