Kamis, 04 November 2010

Dim Sum, camilan yang bisa untuk sarapan


Hong Kong atau Kantonis menyukai semua jenis makanan. Dari kaki ayam, ubur-ubur hingga telinga babi bisa Anda temui di sana.

Ada pun makanan Hong Kong yang sangat terkenal, yaitu Dim Sum. Dalam bahasa Kantonis Dim Sum berarti makanan kecil" dan biasanya disajikan untuk sarapan. Bahan dasar makanan ini adalah olahan daging cincang atau udang serta sayuran yang dibungkus membentuk pangsit dengan ukuran yang kecil. Setelah proses pembungkusan selesai, makanan itu dikukus dalam dandang bambu yang besar.

Beberapa makanan yang bisa menemani Dim Sum adalah Bakpao, Siomai dan juga Fung Zau. Sedangkan minuman yang paling tepat menurut orang Kanton adalah yamcha (tradisi minum teh).

Beberapa restoran di Hong Kong yang menyajikan menu Dim Sum adalah Superstar Seafood, Times Square, Causeway Bay "Dim Sum" Happy Valley di Jalan Sing Woo. Namun demikian, makanan khas Hongkong ini juga tidak hanya disukai oleh orang Hongkong, tapi orang Indonesia pun menyukainya.

Rasanya yang pas di lidah, membuat Dim Sum menjadi makanan yang cocok untuk sarapan di pagi hari atau camilan di malam hari. Dim Sum juga cocok untuk disantap sebagai pendamping minuman teh. Sudah banyak restoran yang menyediakan Dim Sum saat ini. Tidak jarang pula, restoran-restoran tersebut hanya menyajikan Dim Sum sebagai menu utama mereka. Hal ini dilakukan untuk memuaskan para penikmat makanan mungil dari negara Hongkong tersebut. (rmb - media indonesia)


Lihat juga :
Wine
Soto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar