Minggu, 28 November 2010

Wine dengan Makanan

Bagaimana cara mengkombinasikan berbagai jenis Wine dengan makanan sehingga meningkatkan cita rasa dan kenikmatan hidangan? Ada beberapa hal pokok dalam mengkombinasikan makanan dan berbagai varian minuman beralkohol ini.

Hindari beberapa jenis makanan yang merusak rasa wine seperti rempah-rempah, bawang putih, cuka (yang bisa digantikan white wine), serta buah- buahan segar.

Anda juga harus menghindari kombinasi antara daging merah dengan wine manis (sweet wine).. Hindari paduan antara menu makanan berupa ikan, sayuran segar dan keju dari kambing dengan red wine yang akan membuat rasa wine hilang kelezatannya. Agar tidak mematikan rasa, ganti wine dengan Gamay dingin atau fruity Pinot.

Hal lain yang harus dihindari adalah kombinasi antara makanan penutup, Foie Gras, dan keju yang dengan aroma kuat (Munster, keju biru), dengan wine Loire Cabernet, pink wine, atau crisp white (seperti Loire, sampanye, atau Vinho Verde).

Kombinasi Makanan dan Wine
Wine yang tepat akan meningkatkan cita rasa makanan. Hampir semua jenis makanan dapat dipadukan dengan berbagai wine. Orang memiliki selera dan keinginan yang berbeda-beda yang mempengaruhi kombinasi perpaduan makanan dan minuman.

Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan keju dengan jenis white wine. Keju bisa disantap bersama Chardonnay dan keju ringan dengan Sauvignon Blanc.

Agar memperoleh pengalaman padu-padan yang menarik, ada beberapa anjuran yang harus diikuti yakni:

- Gunakan hiasan untuk mempercantik tampilan wine

- Wine yan berusia tua sangat cocok untuk disajikan dan dipadankan dengan makanan. Gunakan gelas yang tepat dalam penyajiannya

Makanan manis atau sedikit pahit makanan makin menguatkan rasa asam dan samak dari wine. Sebaiknya hindari menggunakan wine beraroma kuat dengan makanan manis. Sebaliknya, makanan asin atau asam cocok dihidangkan bersama wine dengan rasa manis yang memberikan rasa segar.

Masih banyak referensi lainnya dalam padu-padan wine dan makanan. Sebaiknya Anda menikmatinya proses dan pengalamannya. Kombinasi makanan dan minuman akan semakin mudah apabila jenis wine yang Anda miliki makin beragam dan seimbang.

Sumber :  Petti Lubis, Anda Nurlaila- VivaNews

Lihat juga:
Dim Sum
Sushi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar